Soal Tap Ut Pgsd Perkara Pak Sartono Lengkap Dengan Kunci Jawaban
Soal TAP UT PGSD Tugas Akhir Program PDGK4500 Kasus Pak Sartono Lengkap Dengan Kunci Jawabannya kami posting untuk Anda teman-teman Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan PGSD yang tak usang lagi akan mengikuti Ujian Akhir Semester.
Mempelajari kasus-kasus menyerupai ini sangat di anjurkan untuk teman-teman Mahasiswa UT yang akan menghadapi TAP. Karena dengan mempelajari kasus-kasus menyerupai ini teman-teman Mahasiswa akan lebih pahaman dan dalam memecahkan masalah. Karena kita tahu nantinya yang akan teman-teman kerjakan pada Soal TAP UT PGSD yaitu soal essay yang dikerjakan dengan tulis tangan.
Kaprikornus mau tidak mau teman-teman harus sanggup menalar tanggapan dan mencari solusi untuk setiap soal yang ada. Dan tanggapan yang diberikanpun dihentikan terlalu pendek. Itu artinya teman-teman Mahasiswa di tuntut untuk menalar tanggapan sebisa mungkin.
Lihat juga masalah untuk soal TAP PGSD lainnya :
Nah untuk itu dengan mempelajari soal-soal TAP menyerupai ini akan sangat membantu teman-teman Mahasiswa dalam menjawab soal TAP nantinya.
Kasus Pak Sartono – IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Tata Surya
Pak Sartono mengajar di kelas 6 SD Setiabakti. Suatu pagi, Pak Sartono masuk kelas dengan membawa sebuah globe. Perhatian belum dewasa tertuju kepada globe tersebut, namun Pak Sartono hanya meletakkan globe itu di depan kelas.
Setelah mengucapkan salam dan menanyakan siapa yang tidak hadir, Pak Sartono memberikan bahwa hari ini, dalam pelajaran IPA akan dibahas tata surya dengan topik terjadinya siang dan malam. Pak Sartono juga memberikan bahwa sesudah pelajaran usai, belum dewasa diperlukan sanggup menjelaskan perihal terjadinya siang dan malam. Tanpa memberi kesempatan bertanya, Pak Sartono melanjutkan pertanyaan.
Sambil bangun di depan kelas, Pak Sartono menjelaskan terjadinya siang dan malam. Anak-anak melihat ke Pak Sartono dengan muka penuh tanda tanya. Dengan lancar Pak Sartono menjelaskan bahwa siang dan matam teoadi alasannya yaitu bumi berputar pada porosnya sendiri. Anak-anak kelihatan mulai bosan, mereka menyerupai masih menunggu Pak Sartono memakai globe yang dipajang di depan kelas, namun hingga klarifikasi berakhir, globe itu tidak pemah disentuh.
Setelah klarifikasi selesai, Pak Sartono memberi kesempatan kepada belum dewasa untuk bertanya. Namun, tidak ada yang bertanya. Pak Sartono kemudian meminta belum dewasa mengeluarkan buku latihan, dan mcngerjakan soal yang terdiri dari 10 pertanyaan yang ditulis di papan tulis.
Ketika belum dewasa bekerja, Pak Sartono keluar kelas. Anak-anak kelihatan resah alasannya yaitu tidak mengerti bagaimana harus menjawab soal tersebut. Mereka akhimya membuka buku IPA dan mencoba mencari jawabannya di sana. Namun, banyak anak yang malas membaca sehingga mereka sama sekali tidak menjawab. Ketika Pak Sartono masuk kelas dan bertanya apakah belum dewasa sudah selesai mengerjakan soal tersebut, ia menjadi murka alasannya yaitu temyata hanya 5 orang dari 30 orang anak yang selesai mengerjakan soal tersebut. Anak yang lima orang tersebut hanya menyalin dari buku IPA, tanpa meyakini apakah jawabannya benar atau salah, sedangkan belum dewasa yang lain menyampaikan tidak sanggup menjawab pertanyaan tersebut alasannya yaitu tidak mengerti. Pak Sartono terdiam, ia sangat murka dan kecewa, tetapi mencoba menahan amarahnya. Ia meminta belum dewasa beristirahat. Pak Sartono tinggal sendiri di dalam kelas. Ia mencoba mengingat apa yang terjadi di kelasnya.
Pertanyaan :
1. ldentifikasi empat tragedi penting yang terjadi dalam masalah pembelajaran yang dikelola oleh Pak Sartono, yang sanggup menjadikan timbulnya masalah.
2. Jika Anda yang menjadi Pak Sartono, bagaimana cara Anda mengatasi problem gagalnya belum dewasa menjawab pertanyaan Pak Sartono? Susunlah satu rencana perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Rencana tersebut meliputi :
a. Identikasi masalah
b. Analisis Masalah (maksimal 4 butir).
c. Rumusan Masalah
d. Tujuan Perbaikan.
e. Langkah-langkah perbaikan
f. Untuk langkah-langkah perbaikan, kembangkan mekanisme pembelajaran yang ditempuh yang meliputi kegialan awal, aktivitas inti, dan aktivitas penutup.
Rambu Jawaban
1. Peristiwa penting yang sanggup menjadikan timbulnya masalah.
1) Pada awal pelajaran tidak ada tanya jawab perihal topik yang akan dibahas.
2) Topik yang akan dibahas tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
3) Tidak memakai alat peraga contohnya globe, ketika menjelaskan hanya dipajang saja.
4) Tldak memberi teladan atau ilustrasi.
5) Tidak menyelidiki pemahaman siswa sesudah menjelaskan.
6) Tidak menawarkan petunjuk yang terang ketika siswa diberi latihan
7) Tldak melaksanakan pengelolaan kelas mlsalnya melaksanakan supervisi ketika siswa mengerjakan latihan
2. Rencana Perbalkan
ldentifikasi Masalah :
a. Pembelajaran Pak Sartono kurang berhasil
b. Hanya 5 dari 30 anak yang selesai mengeriakan soal, sisanya menyampaikan tidak sanggup menjawab soal tersebut.
Analisis Masalah
a. Guru tidak memakai alat peraga
b. Penjelasan terlampau abstrak
c. Tidak ada tanya jawab, baik pada aktivitas awal, maupun aktivitas inti
d. Siswa hanya menjadi pendengar pasif
e. Topik tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
f. Tidak menyelidiki pemahaman siswa
g. Tldak menawarkan petunjuk sebelum siswa berlatih
h. Tidak memantau aktivitas yang dilakukan siswa ketika berlatih
Rumusan Masalah
Bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tata surya datam hal ini terjadinya siang dan matam melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau
b. Diskusi kelompok, atau
c. Metode demonstrasi, atau
d. Eksperimen
Tujuan Perbaikan
Meningkalkan kinerja guru sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tata surya melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau
b. Diskusi kelompok, atau
c. Metode demonstrasi, atau
d. Eksperimen
Langkah Kegiatan Perbaikan
Kegiatan Awal :
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Menyampaikan aktivitas yang akan dilakukan
c. Apersepsi : mengajukan pertanyaan, mengaitkan bahan dengan pelajaran sebelumnya atau pengalaman siswa sehari-hari
d. Memberikan pre-test
Kegiatan Inti :
a. Dengan derma anak, guru mendemonstrasikan terjadinya siang dan malam dengan memakai globe dan lampu senter.
b. Selama peragaan, guru melaksanakan tanya jawab (untuk mengonkretkan terjadinya siang dan malam, serta mengaktifkan anak)
Atau
a. Guru membagi siswa dalam kelompok dan menjelaskan yang harus dilaksanakan.
b. Secara berkelompok, belum dewasa memperagakan terjadinya siang dan malam dengan memakai bola dan lampu senter yang dibawa oleh masing-masing kelompok (untuk memantapkan pemahaman siswa, atau melatih kerja sama.
c. Setiap kelompok memberi laporan perihal hasil kerja kelompoknya (untuk membuatkan pengalaman dengan kelompok lain)
Kegiatan Penutup :
a. Memberikan tes tertulis dan membahas hasil tes dan menawarkan balikan, atau
b. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahan yang telah dibahas, atau
c. Siswa dengan bimbingan guru menciptakan rangkuman bahan yang telah dibahas.
Nah itulah artikel kami terkait Soal TAP UT PGSD Kasus Pak Sartono Lengkap Dengan Kunci Jawaban, jangan lupa untuk membuatkan soal ini pada teman-teman Anda yang lainny dengan cara share artikel ini ke sosial media Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui, halaman Contact, kalau Anda mempunyai pertanyaan, terima kasih.
Mempelajari kasus-kasus menyerupai ini sangat di anjurkan untuk teman-teman Mahasiswa UT yang akan menghadapi TAP. Karena dengan mempelajari kasus-kasus menyerupai ini teman-teman Mahasiswa akan lebih pahaman dan dalam memecahkan masalah. Karena kita tahu nantinya yang akan teman-teman kerjakan pada Soal TAP UT PGSD yaitu soal essay yang dikerjakan dengan tulis tangan.
Kaprikornus mau tidak mau teman-teman harus sanggup menalar tanggapan dan mencari solusi untuk setiap soal yang ada. Dan tanggapan yang diberikanpun dihentikan terlalu pendek. Itu artinya teman-teman Mahasiswa di tuntut untuk menalar tanggapan sebisa mungkin.
Lihat juga masalah untuk soal TAP PGSD lainnya :
- Soal TAP UT PGSD Kasus Pak Sartono Lengkap Dengan Kunci Jawaban
- Soal TAP UT PGSD Kasus Ibu Pratiwi Lengkap Dengan Kunci Jawaban
- Soal TAP UT PGSD Kasus Ibu Is Lengkap Dengan Kunci Jawaban
- Soal TAP UT PGSD Kasus Pak Purwadi dan Ibu Lince Lengkap Dengan Kunci Jawaban
Nah untuk itu dengan mempelajari soal-soal TAP menyerupai ini akan sangat membantu teman-teman Mahasiswa dalam menjawab soal TAP nantinya.

Soal TAP UT PGSD Kasus Pak Sartono
Berikut ini yaitu salah satu teladan masalah yang dialami oleh Pak Sartono, yang sanggup teman-teman pelajari dan simak baik-baik bagaimana cara penyelesaian masalahnya.Kasus Pak Sartono – IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Tata Surya
Pak Sartono mengajar di kelas 6 SD Setiabakti. Suatu pagi, Pak Sartono masuk kelas dengan membawa sebuah globe. Perhatian belum dewasa tertuju kepada globe tersebut, namun Pak Sartono hanya meletakkan globe itu di depan kelas.
Setelah mengucapkan salam dan menanyakan siapa yang tidak hadir, Pak Sartono memberikan bahwa hari ini, dalam pelajaran IPA akan dibahas tata surya dengan topik terjadinya siang dan malam. Pak Sartono juga memberikan bahwa sesudah pelajaran usai, belum dewasa diperlukan sanggup menjelaskan perihal terjadinya siang dan malam. Tanpa memberi kesempatan bertanya, Pak Sartono melanjutkan pertanyaan.
Sambil bangun di depan kelas, Pak Sartono menjelaskan terjadinya siang dan malam. Anak-anak melihat ke Pak Sartono dengan muka penuh tanda tanya. Dengan lancar Pak Sartono menjelaskan bahwa siang dan matam teoadi alasannya yaitu bumi berputar pada porosnya sendiri. Anak-anak kelihatan mulai bosan, mereka menyerupai masih menunggu Pak Sartono memakai globe yang dipajang di depan kelas, namun hingga klarifikasi berakhir, globe itu tidak pemah disentuh.
Setelah klarifikasi selesai, Pak Sartono memberi kesempatan kepada belum dewasa untuk bertanya. Namun, tidak ada yang bertanya. Pak Sartono kemudian meminta belum dewasa mengeluarkan buku latihan, dan mcngerjakan soal yang terdiri dari 10 pertanyaan yang ditulis di papan tulis.
Ketika belum dewasa bekerja, Pak Sartono keluar kelas. Anak-anak kelihatan resah alasannya yaitu tidak mengerti bagaimana harus menjawab soal tersebut. Mereka akhimya membuka buku IPA dan mencoba mencari jawabannya di sana. Namun, banyak anak yang malas membaca sehingga mereka sama sekali tidak menjawab. Ketika Pak Sartono masuk kelas dan bertanya apakah belum dewasa sudah selesai mengerjakan soal tersebut, ia menjadi murka alasannya yaitu temyata hanya 5 orang dari 30 orang anak yang selesai mengerjakan soal tersebut. Anak yang lima orang tersebut hanya menyalin dari buku IPA, tanpa meyakini apakah jawabannya benar atau salah, sedangkan belum dewasa yang lain menyampaikan tidak sanggup menjawab pertanyaan tersebut alasannya yaitu tidak mengerti. Pak Sartono terdiam, ia sangat murka dan kecewa, tetapi mencoba menahan amarahnya. Ia meminta belum dewasa beristirahat. Pak Sartono tinggal sendiri di dalam kelas. Ia mencoba mengingat apa yang terjadi di kelasnya.
Pertanyaan :
1. ldentifikasi empat tragedi penting yang terjadi dalam masalah pembelajaran yang dikelola oleh Pak Sartono, yang sanggup menjadikan timbulnya masalah.
2. Jika Anda yang menjadi Pak Sartono, bagaimana cara Anda mengatasi problem gagalnya belum dewasa menjawab pertanyaan Pak Sartono? Susunlah satu rencana perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Rencana tersebut meliputi :
a. Identikasi masalah
b. Analisis Masalah (maksimal 4 butir).
c. Rumusan Masalah
d. Tujuan Perbaikan.
e. Langkah-langkah perbaikan
f. Untuk langkah-langkah perbaikan, kembangkan mekanisme pembelajaran yang ditempuh yang meliputi kegialan awal, aktivitas inti, dan aktivitas penutup.
Rambu Jawaban
1. Peristiwa penting yang sanggup menjadikan timbulnya masalah.
1) Pada awal pelajaran tidak ada tanya jawab perihal topik yang akan dibahas.
2) Topik yang akan dibahas tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
3) Tidak memakai alat peraga contohnya globe, ketika menjelaskan hanya dipajang saja.
4) Tldak memberi teladan atau ilustrasi.
5) Tidak menyelidiki pemahaman siswa sesudah menjelaskan.
6) Tidak menawarkan petunjuk yang terang ketika siswa diberi latihan
7) Tldak melaksanakan pengelolaan kelas mlsalnya melaksanakan supervisi ketika siswa mengerjakan latihan
2. Rencana Perbalkan
ldentifikasi Masalah :
a. Pembelajaran Pak Sartono kurang berhasil
b. Hanya 5 dari 30 anak yang selesai mengeriakan soal, sisanya menyampaikan tidak sanggup menjawab soal tersebut.
Analisis Masalah
a. Guru tidak memakai alat peraga
b. Penjelasan terlampau abstrak
c. Tidak ada tanya jawab, baik pada aktivitas awal, maupun aktivitas inti
d. Siswa hanya menjadi pendengar pasif
e. Topik tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
f. Tidak menyelidiki pemahaman siswa
g. Tldak menawarkan petunjuk sebelum siswa berlatih
h. Tidak memantau aktivitas yang dilakukan siswa ketika berlatih
Rumusan Masalah
Bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tata surya datam hal ini terjadinya siang dan matam melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau
b. Diskusi kelompok, atau
c. Metode demonstrasi, atau
d. Eksperimen
Tujuan Perbaikan
Meningkalkan kinerja guru sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tata surya melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau
b. Diskusi kelompok, atau
c. Metode demonstrasi, atau
d. Eksperimen
Langkah Kegiatan Perbaikan
Kegiatan Awal :
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Menyampaikan aktivitas yang akan dilakukan
c. Apersepsi : mengajukan pertanyaan, mengaitkan bahan dengan pelajaran sebelumnya atau pengalaman siswa sehari-hari
d. Memberikan pre-test
Kegiatan Inti :
a. Dengan derma anak, guru mendemonstrasikan terjadinya siang dan malam dengan memakai globe dan lampu senter.
b. Selama peragaan, guru melaksanakan tanya jawab (untuk mengonkretkan terjadinya siang dan malam, serta mengaktifkan anak)
Atau
a. Guru membagi siswa dalam kelompok dan menjelaskan yang harus dilaksanakan.
b. Secara berkelompok, belum dewasa memperagakan terjadinya siang dan malam dengan memakai bola dan lampu senter yang dibawa oleh masing-masing kelompok (untuk memantapkan pemahaman siswa, atau melatih kerja sama.
c. Setiap kelompok memberi laporan perihal hasil kerja kelompoknya (untuk membuatkan pengalaman dengan kelompok lain)
Kegiatan Penutup :
a. Memberikan tes tertulis dan membahas hasil tes dan menawarkan balikan, atau
b. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahan yang telah dibahas, atau
c. Siswa dengan bimbingan guru menciptakan rangkuman bahan yang telah dibahas.
Download Soal TAP Kasus Pak Sartono
Soal TAP ini juga telah kami sediakan dalam bentuk dokumen pdf untuk Anda simpan atau cetak, nah untuk mendownloadnya, silahkan klik link berikut.Nah itulah artikel kami terkait Soal TAP UT PGSD Kasus Pak Sartono Lengkap Dengan Kunci Jawaban, jangan lupa untuk membuatkan soal ini pada teman-teman Anda yang lainny dengan cara share artikel ini ke sosial media Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui, halaman Contact, kalau Anda mempunyai pertanyaan, terima kasih.
Komentar
Posting Komentar