Soal Ujian Ut Pgsd Pdgk4502 Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Di Sd Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD yang sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan dan pembahasan soal berikut ini bisa Anda pelajari sebelum menempuh Ujian Akhir Semester nantinya. Guna mempersiapkan diri untuk mengjadapi UAS.

Sebelum inipun kami telah membuatkan Soal Ujian UT PGSD Semester 9 yaitu Soal Ujian UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang bisa Anda pelajari juga untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi UAS.

Untuk mendapat nilai terbaik pada tiap-tiap semesternya memang perlu ketekunan dalam belajar. Belajarpun harus punya taktik semoga tidak salah dan materi yang di pelajari sanggup di pahami. Dengan mempelajari Soal Ujian UT PGSD ibarat ini yang sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan Anda akan gampang mengingat, bisa menghemat waktu dan bisa meliputi keseluruhan mata kuliah.

Perhatian: Pada Soal Ujian UT PGSD Semester 9 ini memakai kurikulum terbaru yang hanya ditempuh IX (Sembilan) semester saja. Untuk Anda Mahasiswa usang X (Sepuluh) semester, jikalau soal yang Anda cari tidak ada pada semester ini, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD untuk mencari soal yang Anda butuhkan. Soal dan materi masih tetap sama, jadi silahkan dipelajari ya.

Soal Ujian UT PGSD Semester 9 Lainnya:

Semua Soal UT yang kami bagikan ini bersumber dari materi yang ada pada modul dan latihan-latihan soal yang ada. Makara sangat cocok untuk Anda pelajari sebelum mengikuti UAS yang tak akan usang lagi akan di mulai.

 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD Soal Ujian UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD

Dan tak jarang Soal UT PGSD ini akan keluar pada ketika UAS nantinya, hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya, mereka sangat terbantu dengan adanya soal-soal ibarat ini.

Soal UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD

1.  Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A.  melaksanakan proses mencar ilmu mengajar
B.  melaksanakan supervisi atau pengawasan
C.  memperlihatkan pinjaman bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D.  membimbing anak mencar ilmu di rumah
Jawab:
A.  Benar, sebab pedoman melaksanakan proses mencar ilmu mengajar merupakan fungsi kurikulum bagi guru
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 perihal Pengertian dan Fungsi Kurikulum

2.  Kurikulum harus bisa mengembangkan sesuatu yang gres sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa kini dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A.  konservatif
B.  kreatif
C.  kritis
D.  evaluatif
Jawab:
B.  Benar, sebab peranan kreatif mengandung hal-hal yang sanggup membantu setiap siswa mengembangkan semua potensi yang ada pada dirinya untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru, kemampuan-kemampuan baru, serta berpikir gres dalam kehidupannya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 perihal Pengertian dan Fungsi Kurikulum

3.  Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
A.  sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B.  sesuai dengan minat siswa
C.  mempunyai tingkat kebermaknaan yang tinggi
D.  bermanfaat bagi kehidupan
Jawab:
D.  Benar, sebab kriteria kegunaan menuntut isi kurikulum yang bermanfaat bagi kehidupan.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 perihal Komponen-komponen Kurikulum

4.  Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A.  konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B.  sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C.  dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D.  mempunyai manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawab:
D.  Benar, sebab rumusan tujuan yang mempunyai manfaat (nilai guna) baik bagi penerima didik maupun masyarakat berkaitan dengan kriteria fungsional.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 perihal Komponen-komponen Kurikulum

5.  Salah satu landasan yang mendasari kurikulum yaitu landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
A.  aspek kebudayaan
B.  perubahan fisik manusia
C.  cara berpikir mendalam
D.  sikap manusia
Jawab:
D.  Benar, sebab berdasarkan model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 2 KB 1 perihal Landasan Pengembangan Kurikulum

6.  Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif yaitu ... .
A.  kurikulum dikembangkan sebab ada keresahan dari guru
B.  eksekutif pendidikan berperan sebagai fasilitator
C.  inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D.  guru mempunyai kiprah yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawab:
C.  Benar, sebab dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan eksekutif inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 2 KB 2 perihal Pendekatan Pengembangan Kurikulum

7.  Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang mempunyai makna, arti, dan faedah tertentu yaitu pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawab:
B.  Benar, sebab pendekatan terintegrasi (integrated) bertitik tolak dari keseluruhan dan bermakna dan berstruktur.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 2 KB 2 perihal Pendekatan Pengembangan Kurikulum

8.  Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A.  penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B.  pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C.  pengembangan materi, kegiatan, dan penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D.  adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawab:
B.  Benar, sebab penerapan prisnip integritas menuntut kurikulum yang sanggup membentuk pribadi yang utuh
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 3 KB 1 perihal Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

9.  Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan yaitu materi pelajaran harus ... .
A.  disusun secara logis dan sistematis
B.  sesuai dengan persepsi orang renta dan masyarakat perihal kebutuhan
C.  bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D.  sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawab:
A.  Benar, sebab isi pendidikan harus disusun secara logis dan sistematis sehingga gampang dipahami oleh siswa.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 3 KB 1 perihal Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A.  sesuai dengan tujuan
B.  merupakan warisan positif generasi masa lalu
C.  sesuai dengan kebutuhan siswa
D.  gampang dikuasai siswa
Jawab:
D.  Benar, sebab kemudahan untuk dikuasai siswa berkaitan dengan urutan penyajian materi.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 3 KB 2 perihal Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum

11. Penerapan administrasi berbasis sekolah menuntut sekolah untuk sanggup berdikari dalam melibatkan banyak sekali pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
A.  melaksanakan banyak sekali inovasi
B.  membuat perubahan dalam layanan pendidikan
C.  mendesain kembali organisasi sekolah
D.  merekrut staf gres untuk menangani administrasi sekolah
Jawab:
C.  Benar, sebab pelibatan banyak sekali pihak dalam pemberian layanan pendidikan membawa implikasi terhadap perubahan struktur organisasi sekolah.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 1 perihal Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi


12. Kompetensi dasar penerima didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya penerima didik harus mempunyai kesiapan dan bisa mengikuti keadaan terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A.  pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan kasus hidup
B.  keeksisan dalam menjalani kehidupan serta bisa memanfaatkan kemampuan dasar
C.  penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D.  penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawab:
B.  Benar, sebab merupakan kompetensi temporal
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 1 perihal Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

13.  Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi yaitu sebagai berikut, kecuali ... .
A.  memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B.  mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C.  menitikberatkan pencapaian sasaran kompetensi
D.  memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawab:
D.  Benar, sebab merupakan prinsip umum pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 1 perihal Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A.  mengembangkan dan memelihara suasana mencar ilmu yang kondusif
B.  memperlihatkan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C.  memakai banyak sekali media pembelajaran yang inovatif
D.  memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawab:
D.  Benar, sebab memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam mencar ilmu sesuai dengan caranya sendiri merupakan kiprah guru sebagai pengamat.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 2 perihal Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence

15. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
A.  kemandirian dan kerjasama
B.  mencar ilmu untuk kebersamaan
C.  interaksi dan komunikasi
D.  suasana yang mendukung
Jawab:
B.  Benar, sebab faktor mencar ilmu untuk kebersamaan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang sanggup mengembangkan sikap empati, simpati, dan toleransi kepada orang lain.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 2 perihal Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence

16. Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A.  Bahasa Belanda
B.  Sejarah
C.  Pendidikan Jasmani
D.  Bahasa Inggris
Jawab:
A.  Benar, sebab penguasaan Bahasa Belanda merupakan prasyarat menjadi pegawai dan Pemerintah Belanda sanggup mengontrol rakyat.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 5 KB 1 perihal Perkembangan Kurikulum SD hingga dengan 1975

17. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A.  mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B.  membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C.  mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D.  mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawab:
C.  Benar, sebab pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan bertindak (psikomotor) merupakan tujuan Kurikulum SD 1984
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 5 KB 1 perihal Perkembangan Kurikulum SD hingga dengan 1975

18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 yaitu ... .
A.  menerapkan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
B.  menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C.  menerapkan bimbingan belajar
D.  menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawab:
A.  Benar, sebab kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler merupakan karakteristik kurikulum 1994
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 5 KB 1 perihal Perkembangan Kurikulum SD hingga dengan 1975

19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yaitu ... .
A  .peka terhadap ide-ide dan teknologi gres dalam pendidikan
B.  mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C.  berorientasi pada hasil mencar ilmu dan keberagaman
D.  terbuka untuk melaksanakan penemuan ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawab:
B.  Benar, sebab KTSP memperlihatkan kebebasan kepada sekolah untuk membuat kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi daerahnya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 1 perihal Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

20. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP yaitu prinsip efektivitas, maksudnya ... .
A.  kurikulum dituntut mempunyai kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B.  kurikulum dituntutmemiliki sifat elastis atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melaksanakan adaptasi berdasarkan kondisi lapangan.
C.  kurikulum dituntut semoga gampang dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D.  kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawab:
D.  Benar, sebab hal tersebut merupakan maksud dari prinsip efektivitas
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 1 perihal Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

21. Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam administrasi berbasis sekolah merupakan ciri ... .
A.  akuntabilitas
B.  partisipasi
C.  keterbukaan
D.  kemandirian
Jawab:
A.  Benar, sebab ciri akuntabilitas sekolah harus tanggap akan kebutuhan dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah ditetapkan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 1 perihal Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

22. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan penerima didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A.  menganalisis konteks
B.  menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C.  menentukan dan mengorganisasikan pengalaman mencar ilmu dan materi pelajaran
D.  menentukan sumber belajar
Jawab:
A.  Benar, sebab hal tersebut merupakan salah satu langkah dalam pengembangan KTSP
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 2 perihal Proses Pengembangan KTSP

23. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan materi pelajaran yaitu sebagai berikut, kecuali ... .
A.  tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B.  kebermanfaatan bagi siswa
C.  Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D.  harus sesuai dengan kompetensi yang diperlukan dikuasai siswa.
Jawab:
D.  Benar, sebab hal tersebut merupakan kriteria dalam menentukan serta mengorganisasikan pengalaman mencar ilmu dan materi
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 2 perihal Proses Pengembangan KTSP

24. Komite sekolah sanggup dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A.  mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B.  memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C.  memperlihatkan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D.  memperlihatkan klarifikasi perihal langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawab:
C.  Benar, sebab salah satu kiprah komite sekolah yaitu memperlihatkan pertimbangan terhadap kebijakan yang dibentuk sekolah.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 2 perihal Proses Pengembangan KTSP

25. Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat kala ... .
A.  Perkembangan IPTEK
B.  Profesionalisme
C.  Informasi
D.  Globalisasi
Jawab:
D.  Benar, sebab kala globalisasi ditandai dengan adanya kesadaran akan dunia sebagai suatu sistem
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 1 perihal Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan

26. Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang mempunyai kepribadian yang berdikari dan terbuka sehingga bisa membuat perubahan. Hal ini memperlihatkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
A.  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B.  mempunyai solidaritas sosial
C.  mempunyai kreativitas
D.  mempunyai integritas yang tinggi
Jawab:
C.  Betul, sebab kreativitas ditandai dengan kepribadian yang berdikari dan terbuka yang mendorong diri untuk membuat perubahan.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 1 perihal Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan

27. Kemampuan memberikan pengetahuan, berdiskusi, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A.  performative
B.  epistemic
C.  functional
D.  informational
Jawab:
B.  Benar, sebab literasi epistemic merupakan sasaran kemampuan terakhir dalam berbahasa Indonesia
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 2 perihal Profil Kurikulum Masa Depan

28. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi gres secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi yaitu ... .
A.  Accelerated learning
B.  Quantum learnig
C.  Cooperative learning
D.  E-learning
Jawab:
A.  Benar, sebab accelerated learning yaitu mencar ilmu yang tujuannya untuk menguasai bagaimana cara/teknik mempelajari sesuatu
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 2 perihal Profil Kurikulum Masa Depan

29. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi klarifikasi perihal ... .
A.  tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B.  sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C.  dasar-dasar pengembangan kurikulum
D.  kualitas lulusan yang diharapkan
Jawab:
A.  Benar, sebab dalam GBPP tercantum tujuan mata pelajaran dan ruang lingkup materi setiap mata pelajaran serta distribusinya dalam caturwulan dan kelas.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 1 perihal Produk Pengembangan Kurikulum

30. Salah satu manfaat silabus bagi guru yaitu sebagai ... .
A.  dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diperlukan dikuasai siswa
B.  ukuran dalam menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran
C.  dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D.  dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawab:
B.  Benar, sebab dengan membandingkan proses dan hasil pembelajaran dengan silabus guru sanggup menilai efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 2 perihal Program Pembelajaran

31. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa, dalam silabus merupakan prinsip ... .
A.  ilmiah
B.  relevan
C.  sistematis
D.  menyeluruh
Jawab:
B.  Benar, sebab prinsip relevan harus sesuai antara isi silabus dengan perkembangan siswa
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 2 perihal Program Pembelajaran

32. Salah satu langkah penyusunan silabus yaitu merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A.  karakteristik siswa
B.  mata pelajaran
C.  Kompensasi
D.  potensi siswa
Jawab:
D.  Benar, sebab hal tersebut merupakan salah satu prinsip dalam menyusun rencana pembelajaran
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 2 perihal Program Pembelajaran

33. Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diperlukan dikuasai siswa. Hal ini memperlihatkan salah satu karakteristik rencana pembelajaran, yaitu ... .
A.  ditujukan untuk siswa
B.  mempunyai tahap-tahap
C.  sistematis
D.  pendekatan sistem
Jawab:
D.  Benar, sebab karakteristik pendekatan sistem menuntut pengembangan komponen-komponen rencana pembelajaran mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 1 perihal Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran

34. Salah satu prinsip dalam menyusun RPP yaitu perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A.  tingkat intelektual
B.  motivasi belajar
C.  gaya belajar
D.  sistematis
Jawab:
D.  Benar, sebab sistematis merupakan salah satu karakteristik dalam menyusun RPP
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 1 perihal Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran

35. Sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai tumpuan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran merupakan komponen RPP dari ... .
A.  tujuan pembelajaran khusus
B.  standar kompetensi
C.  kompetensi dasar
D.  indikator pencapaian kompetensi
Jawab:
D.  Benar, sebab berdasarkan model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 2 perihal Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pembelajaran

36. Menurut model PPSI, alat penilaian dikembangkan sehabis ... .
A.  menentukan materi pelajaran
B.  mengembangkan kegiatan kegiatan
C.  memutuskan kegiatan belajar
D.  merumuskan tujuan pembelajaran
Jawab:
D.  Benar, sebab dalam model PPSI, sehabis merumuskan tujuan pembelajaran yaitu mengembangkan alat penilaian untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 3 perihal Keputusan Situasional

37. Perumuskan indikator merupakan pembagian terstruktur mengenai dari ... .
A.  tujuan pembelajaran umum
B.  kompetensi dasar
C.  standar kompetensi
D.  tujuan pembelajaran khusus
Jawab:
B.  Benar, sebab indikator harus ada sehabis kompetensi dasar
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 1 perihal Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi


38. Contoh kemampuan hasil mencar ilmu menerapkan yaitu ... .
A.  Siswa sanggup menjelaskan banyak sekali macam bentuk-bentuk berdiri datar
B.  Siswa sanggup melaksanakan percobaan dalam menentukan arah angin
C.  Siswa sanggup menyebutkan macam-macam unggas
D.  Siswa sanggup menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawab:
B.  Benar, sebab melaksanakan percobaan merupakan domain penerapan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 1 perihal Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

39. Evaluasi formatif berbeda dari penilaian sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A.  Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B.  Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C.  Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D.  Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawab:
D.  Benar, sebab melalui penilaian formatif guru sanggup mengetahui tingkat perkembangan siswa.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 2 perihal Penyusunan Alat Evaluasi

40. Suatu alat penilaian hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat penilaian tersebut harus ... .
A.  sanggup mengukur apa yang seharusnya diukur
B.  memperlihatkan hasil yang sanggup dipercaya
C.  sanggup membedakan kemampuan siswa
D.  gampang untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawab:
A.  Benar, sebab kriteria validitas berkenaan dengan kemampuan alat penilaian untuk mengukur apa yang seharusnya diukur.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 2 perihal Penyusunan Alat Evaluasi

41. Di suatu kelas, guru sedang membimbing siswa melaksanakan praktikum untuk mengambarkan kandungan zat dari beberapa makanan. Siswa diminta untuk melaksanakan langkah-langkah secara teliti dan pada final pembelajaran siswa dibimbing untuk membuat laporan praktikum. Dengan memperhatikan ilustrasi pembelajaran tersebut, materi yang termasuk kategori mekanisme yaitu ... .
A.  Zat Makanan
B.  Pembuatan Laporan Praktikum
C.  Ketelitian dalam Praktikuml
D.  Langkah-langkah Praktikum
Jawab:
D.  Benar, sebab materi kategori mekanisme berisi materi yang berkaitan langkah-langkah melaksanakan sesuatu.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 1 perihal Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran

42. Menyiapkan pokok-pokok materi yang jumlahnya minimal sama dengan jumlah rumusan kemampuan yang diperlukan dikuasai siswa merupakan penerapa salah satu prinsip pemilihan materi pelajaran yaitu prinsip ... .
A.  Relevenasi
B.  Mutakhir
C.  Kecukupan
D.  Konsistensi
Jawab:
D.  Benar, sebab prinsip konsistensi menuntut banyaknya materi pelajaran yang disediakan paling tidak sama dengan jumlah indikator hasil belajar.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 1 perihal Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran

43. Dalam mata pelajaran IPA, guru tidak saja menjelaskan perihal flora tetapi juga memperlihatkan tumbuhan orisinil yang dibawa ke kelas. Membawa tumbuhan ke kelas dalam pembelajaran IPA mempunyai manfaat ... .
A.  memperlihatkan pengalaman mencar ilmu yang bervariasi
B.  memenuhi minat siswa yang bervariasi
C.  membentuk sikap siswa
D.  memperlihatkan objek yang terlalu kecil atau besar
Jawab:
D.  Benar, sebab media yang dibawa yaitu benda asli, bukan benda yang diperbesar atau diperkecil.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 2 perihal Pemilihan Media dan Sumber Belajar

44. Dalam suatu pelajaran guru menyuruh siswa ke perpustakaan untuk menonton tayangan terjadinya tsunami di Aceh. Guru tersebut dalam proses mengajar telah memakai media. Media yang dipakai yaitu ... .
A.  audio
B.  visual
C.  audio-visual
D.  proyeksi
Jawab:
C.  Benar, sebab tayangan yang dilihat dan ditonton sanggup dilihat dan didengar dari televisi atau rekaman video
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 2 perihal Pemilihan Media dan Sumber Belajar

45. Untuk membantu siswa menguasai kemampuan menggambar banyak sekali berdiri datar, guru memakai poster banyak sekali gambar berdiri datar dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media tersebut didasarkan pada kesesuaian dengan ... .
A.  karakteristik media
B.  tujuan pembelajaran
C.  karakteristik siswa
D.  situasi dan kondisi kelas
Jawab:
B.  Benar, sebab media yang dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 2 perihal Pemilihan Media dan Sumber Belajar

46. Pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD dengan topik ”demam berdarah”, guru menugaskan siswa untuk melaksanakan wawancara terhadap beberapa warga akhir dan sumber terjadinya demam berdarah , yang dilakukan guru yaitu memperlihatkan pengalaman mencar ilmu dalam hal ....
A.  mengembangkan keterampilan berpikir
B.  membangun sikap sosial
C.  memperoleh informasi
D.  mengembangkan minat
Jawab:
C.  Benar, sebab memperoleh informasi sanggup diperoleh pada ketika yang sama ketika siswa sedang mencar ilmu memecahkan masalah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 1 perihal Pengalaman Belajar

47. Dalam merancang pengalaman belajar, guru yang baik selalu berusaha menerapkan metode yang sesuai dengan kemampuan dan gaya mencar ilmu siswa semoga siswa senang, semangat, dan merasa gampang dalam mempelajari suatu materi pelajaran, kegiatan yang dilakukan guru sesuai dengan prinsip ... .
A.  mengaktifkan siswa
B.  memperlihatkan kepuasan
C.  variasi pengalaman belajar
D.  kesesuaian
Jawab:
B.  Benar, sebab faktor karakteristik materi pelajaran terlihat dari kegiatan mengunjungi kebun binatang
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 1 perihal Pengalaman Belajar

48. Pak Ali akan membahas topik “Binatang Air” dalam pelajaran IPA dengan mengajak siswa mengunjungi kebun binatang. Yang menjadi pertimbangan pak Ali dalam menentukan kegiata ini yaitu semoga siswa sanggup melihat eksklusif banyak sekali jenis hewan air. Ilustrasi tersebut memperlihatkan bahwa salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan metode mengajar yaitu ... .
A.  kemampuan siswa
B.  karakteristik materi pelajaran
C.  kemampuan guru
D.  kondisi kelas
Jawab:
B.  Benar, sebab faktor karakteristik materi pelajaran berkaitan dengan jenis materi pelajaran yang harus dipahami/dikuasai siswa.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 2 perihal Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

49. Mendayagunakan banyak sekali sumber belajar, dan memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab merupakan prinsip penggunaan dari metode ... .
A.  ceramah
B.  resitasi
C.  tanya jawab
D.  diskusi
Jawab:
B.  Benar, sebab prinsip penggunaan metode resitasi yaitu mendayagunakan sumber belajar, memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab, kiprah yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan siswa baik dana dan waktu, memperkaya pengetahuan dengan mencar ilmu berdikari dan kelompok
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 2 perihal Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

50. Kegiatan yang dilakukan guru pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran yang menerapkan metode tanya jawab yaitu ... .
A.  menyimpulkan tanggapan pertanyaan yang paling tepat
B.  menanggapi kesimpulan sementara yang dihasilkan setiap kelompok
C.  meminta siswa melaporkan hasil pengerjaan kiprah yang diberikan
D.  menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas atau dibandingkan
Jawab:
A.  Benar, sebab menyimpulkan tanggapan pertanyaan yang paling sempurna dilakukan pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran dengan metode tanya jawab.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 2 perihal Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

Download Soal UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD

Untuk mendapat soal ini dalam bentuk dokumen pdf, silahkan unduh melalui link berikut ini.


Mempersiapkan diri sebelum mengikuti UAS sangatlah penting dan perlu jikalau Anda menginginkan nilai terbaik dan lulus sempurna waktu. Karena berkuliah di UT tidak mudah, Anda harus mencar ilmu mandiri. Dengan adanya soal-soal ini, diperlukan Anda akan terbantu dalam memahami materi yang ada.

Sampai disini artikel kami perihal Soal Ujian UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD Disertai Kunci Jawaban, jangan lupa untuk membuatkan soal ini pada teman-teman Anda yang lainny dengan cara share artikel ini ke sosial media Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui, halaman Contact, jikalau Anda mempunyai pertanyaan, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Rapbs (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)

Contoh Ptk Sd Kelas 2 Terbaru Lengkap

Contoh Soal Tap Ut Ilmu Pemerintahan Ipem4500 Kiprah Selesai Jadwal Dilengkapi Kunci Jawaban