Soal Ujian Ut Pgsd Pdgk4504 Bahan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sd Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD tersedia dengan kunci tanggapan kami share untuk Anda teman-teman Mahasiswa UT jurusan PGSD yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 9 yang tak usang akan mengikuti Ujian Akhir Semester.

Pada postingan sebelum ini kami juga telah berbagi  Soal Ujian UT PGSD Semester 9 yaitu Soal Ujian UT PGSD PDGK4503 Materi dan Pembelajaran IPA SD yang juga sanggup Anda lihat dan pelajari untuk mendalami pemahaman pada mata kuliah yang akan di ujiankan nantinya.

Sebelum mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) memang perlu persiapan materi, guna untuk mendapat nilai terbaik pada tiap-tiap semesternya. Namun kalau materi yang ada di modul di pelajari secara keseluruhan atau di baca tentu Anda tidak akan bisa membagi waktu untuk mempelajari semua materi di semua mata kuliah. Untuk itu dengan adanya Soal Ujian UT PGSD menyerupai ini akan sangat mempunyai kegunaan untuk Anda menghemat waktu dalam belajar.

Perhatian: Pada Soal Ujian UT PGSD Semester 9 ini memakai kurikulum terbaru yang hanya ditempuh IX (Sembilan) semester saja. Untuk Anda Mahasiswa usang X (Sepuluh) semester, kalau soal yang Anda cari tidak ada pada semester ini, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD untuk mencari soal yang Anda butuhkan. Soal dan materi masih tetap sama, jadi silahkan dipelajari ya.

Soal Ujian UT PGSD Semester 9 Lainnya:

Semua Soal UT yang kami bagikan ini tentunya bersumber dari materi yang ada pada modul serta latihan-latihan yang ada yang telah di pilih dan diprediksi akan keluar pada ketika UAS nantinya.

 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Soal Ujian UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Tak jarang Soal UT PGSD ini akan keluar pada ketika UAS nantinya, hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya, mereka sangat terbantu dengan adanya soal-soal menyerupai ini.

Soal UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

1.  Secara universal pengertian bahasa adalah....
A.  suatu ungkapan berbentuk ujaran yang membedakan insan dari makhluk lainnya
B.  suatu lambang bunyi yang ditetapkan secara manasuka
C.  suatu lambang bunyi yang mempunyai pengertian
D.  suatu lambang bunyi yang bersifat konvensional
Jawab:
A.  Benar, pengertian bahasa secara universal yakni bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran yang sanggup membedakan insan dari makhluk lainnya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah MODUL1 KB1 MK PDGK4504/Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2.  Ada yang menyebut, rumah, pondok, gubuk untuk konsep daerah tinggal. Variasi sebutan memperlihatkan bahasa bersifat....
A.  produktif
B.  sistematis
C.  unik
D.  mana suka.
Jawab:
D.  Benar, mana suka/arbitrer, tidak ada hubungan logis antara lambang dengan yang dilambangkan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah MODUL1 KB 1.

3.  Fonem, suku kata, dan kata merupakan bab dari unsur segmental karena....
A.  fonem, suku kata, dan kata tidak selalu sanggup diujarkan
B.  fonem, suku kata, dan kata berfungsi membedakan arti
C.  sanggup ditulis dan dibunyikan secara deskriptif
D.  sanggup diujarkan dengan nada tinggi atau rendah
Jawab:
C.  Benar, fonem, suku kata, dan kata merupakan unsur segmental yang sanggup diujarkan dan dituliskan secara deskriptif
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah MODUL1 KB1.

4.  Bahasa yang dipakai oleh seorang pembaca isu berfungsi sebagai....
A.  informasi
B.  kontrol sosial
C.  ekspresi
D.  adaptasi
Jawab:
A.  Benar, bahasa isu merupakan salah satu bentuk informasi informasi, dengan demikian bahasa berfungsi sebagai alat pemberi informasi
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah modul 1 KB1

5.  Bahasa Indonesia mempunyai fungsi sebagai bahasa negara yang salah satu penggunaannya adalah....
A.  mempersatukan banyak sekali suku bangsa di Indonesia
B.  membaurkan diri di dalam masyarakat
C.  sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan
D.  alat dalam memberikan informasi kepada masyaraka
Jawab:
C.  Benar, Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar merupakan fungsi bahasa indinesia sebagai bahasa nasional
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini baca Modul 1 KB1.

6.  Sajian obrolan yang bertema “ Prestasi permainan bola Indonesia” pada stasion televisi swasta memakai ragam bahasa....
A.  goresan pena populer
B.  goresan pena ilmiah
C.  mulut ilmiah
D.  mulut populer
Jawab:
D.  Benar, obrolan perihal bola memakai ragam mulut popular, alasannya yakni memakai istilah yang dikenal luas/umum
Pembahasan:
Untukmenjawab pertanyaan ini baca modul1 KB1.

7.  Yang dimaksud berguru adalah....
A.  menggandakan tingkah laris seseorang yang dianggap positif
B.  perubahan sikap yang permanen sebagai hasil training dan penguatan
C.  mengupayakan kemampuan yang ada untuk mendapat informasi sebanyak-banyaknya
D.  berlatih memakai pengalaman yang didapat sendiri maupun orang lain
Jawab:
B.  Benar. Definisi berguru yakni perubahan sikap yang permanen sebagai hasil training dan penguatan
Pembahasan:
Pelajari modul 1 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

8.  Tujuan pembelajaran bahasa adalah....
A.  mengajak siswa berkomunikasi baik secara mulut maupun tertulis
B.  mempersiapkan siswa untuk bisa melaksanakan interaksi yang bermakna dengan lingkungannya
C.  semoga siswa sanggup mempunyai pengetahuan perihal teori bahasa sesuai target
D.  semoga siswa memperoleh nilai maksimal dalam pengetahuan bahasa
Jawab:
B.  Benar, tujuan berguru bahasa yakni mempersiapkan siswa untuk melaksanakan interaksi yang bermakna dengan bahasa yang alamiah
Pembahasan:
Pelajari modul 1 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

9.  Faktor di luar diri siswa(eksternal) yang menghipnotis keberhasilan berguru di antaranya adalah....
A.  lingkungan keluarga
B.  fisik siswa
C.  motivasi belajar
D.  psikis siswa
Jawab:
A.  Benar, lingkungan keluarga merupakan faktor eksternal (di luar diri siswa) .
Pembahasan:
Pelajari modul1 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

10. Kata menganga pada kalimat” Torehan luka itu semakin menganga” terdiri atas ...
A.  enam fonem
B.  delapan fonem
C.  tiga fonem
D.  tujuh fonem
Jawab:
A.  Benar, terdiri atas enam fonem yaitu /m,e,ng,a,ng,a/
Pembahasan:
Bacalah modul2 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini dengan benar.

11. Yang dimaksud dengan fonetik adalah....
A.  bunyi yang sanggup membedakan arti
B.  bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap insan serta proses terjadinya bunyi bahasa
C.  satuan bunyi yang terkecil yang bersifat membedakan arti
D.  satuan bunyi yang hanya mempunyai satu vokal
Jawab:
B.  Benar, fonetik yakni bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap insan serta proses terjadinya bunyi bahasa
Pembahasan:
Pelajari Modul2 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

12. Konsonan /d/ pada kata duduk termasuk....
A.  bilabial bersuara
B.  bilabial tak bersuara
C.  dental tak bersuara
D.  dental bersuara
Jawab:
C.  Benar, konsonan /d /pada kata duduk termasuk dental hambat tak bersuara
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah modul2 KB1


13. Mobil-mobilan dimainkanoleh adik. Morfem bebas yang sempurna pada kalimat tersebut adalah….
A.  mobil-mobilan.
B.  dimainkan
C.  oleh
D.  adik
Jawab:
D.  Benar, “adik” merupakan morfem bebas(dapat berdiri sendiri)
Pembahasan:
Pelajari modul2 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

14. Pada kata ‘perjanjian’ terdapat jenis afiks....
A.  prefiks
B.  infiks
C.  konfiks
D.  sufiks
Jawab:
C.  Benar, kata perjanjian berasal dari kata kesepakatan dan konfiks per-an
Pembahasan:
Bacalah modul2 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

15. Kata ‘melarikan’ dibuat dari kata....
A.  lari.
B.  larikan.
C.  berlari.
D.  melarikan.
Jawab:
B.  Benar, kata ‘melarikan’ berasal dari kata ’larikan’ prosedurnya yakni lari larikan melarikan
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini, bacalah modul 2 KB2.

16. Morfem terikat secara sintaksis pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” adalah....
A.  menyenangkan
B.  melihat
C.  pemandangan
D.  yang
Jawab:
D.  Benar, alasannya yakni ,yang pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” terikat secara sintaksis
Pembahasan:
Pelajari modul2 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini dengan benar.

17. “Frase ‘dari mana ‘ saja pada kalimat “Teknik menulis dongeng jenaka sanggup dimulai dari mana saja’ merupakan frase ...
A.  verbal
B.  ajektiva
C.  adverbial
D.  preposisional
Jawab:
D.  Benar, dari mana saja yakni frase preposisional alasannya yakni mengandung kata depan dari
Pembahasan:
Bacalah modul 3 KB1 semoga Anda sanggup menjawab soal ini dengan benar.

18.  Frase bertingkat pada kalimat ‘Ratih gres pulang sekolah’ adalah....
A.  Ratih
B.  gres pulang
C.  Ratih gres pulang
D.  Ratih pulang
Jawab:
B.  Benar, gres pulang merupakan frase bertingkat yang berhukum, MD
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

19. Kalimat “ Sementara menunggu anaknya ia mengikuti kursus menjahit semoga sanggup memanfaatkan waktu.” Terdiri atas....
A.  satu klausa
B.  dua klausa
C.  satu kalimat tunggal
D.  tiga klausa
Jawab:
D.  Benar, kalimat di atas yakni kalmat beragam yang terdiri atas tiga klausa:i)Ia menunggu anaknya, 2) Ia mengikuti kursus menjahit, dan 3) Ia sanggup memanfaatkan waktu
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

20. Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun. Pola kalimat tersebut adalah....
A.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P
B.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P O
C.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P O pel
D.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P K
Jawab:
C.  Benar, Berdasarkan fungsi/kategorinya kalimat tersebut dipilih menjadi Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun sehingga polanya menjadi S P O Pel
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

21. Menurut Yuwono wacana adalah....
A.  Satuan makna antar bab di dalam suatu bangun bahasa
B.  satuan bahasa yang terkecil yang sanggup membedakan arti
C.  satuan fonem yang hanya mempunyai satu puncak atau vokal
D.  kumpulan kata yang bermakna lengkap dan diakhiri oleh kesenyapan
Jawab:
A.  Benar, Yuwono mendefinikan wacana sebagai satuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

22. Kekerasan terhadap anak tidak cukup dilarang dengan komitmen pribadi atas bawah umur sendiri. Komitmen demikian tentu saja sangat berarti , tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan acuh publik, atas kekerasan terhadap anak , anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun. Elemen inti pada wacana tersebut adalah....
A.  Kekerasan terhadap anak tidak cukup dilarang dengan komitmen pribadi atas bawah umur sendiri
B.  Komitmen demikian tentu saja sangat berarti
C.  tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan acuh publik, atas kekerasan terhadap anak
D.  anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun
Jawab:
A.  Benar, elemen pada dasarnya yakni “Kekerasan terhadap anak tidak cukup dilarang dengan komitmen pribadi atas bawah umur sendiri”
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

23. Dialek bahasa Sunda Buhun tentunya berbeda dengan dialek bahasa Sunda pada umumnya.Dalam bahasa Sunda Buhun setiap kalimat atau kata-kata tertentu mendapat tekanan yang agak panjang, sehingga terdengar menyerupai manja dan agak kaku serta naik turun. Kutipan wacana tersebut memenuhi persyaratan kohesi dan koherensi. Kekohesifan wacana tersebut ditunjukkan oleh....
A.  Tanda titik yang membuktikan bahwa wacana tersebut terdiri atas dua kalimat
B.  adanya pengulangan pada frase bahasa Sunda Buhun
C.  dibubuhinya tanda koma pada kalimat-kalimat dalam wacana tersebut
D.  pengulangan pada kata dan sebanyak dua kali
Jawab:
B.  Benar, alat kohesi yakni pengulangan, dan pengulangan tersebut terdapat pada frase bahasa Sunda Buhun sebagai klarifikasi yang padu
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

24. Di antara hal berikut yang termasuk ciri wacana mulut adalah....
A.  terdapat tanda kutip pada kalimat yang didialogkan
B.  taat azas dalam penerapan abjad kapital
C.  adanya alih tutur
D.  selalu memakai bahasa baku
Jawab:
C.  Benar, ciri wacana mulut yakni adanya penutur, petutur, alih tutur, bahasa tutur, serta konteks.
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

25. Sebuah wacana yang dibawakan oleh dua pelaku tergolong ke dalam jenis wacana....
A.  polilog
B.  dialog
C.  monolog
D.  prolog
Jawab:
A.  Benar, wacana polilog dibawakan oleh lebih dari dua orang pembicara/pelaku
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

26. Bahasa dongeng jenaka harus baik, tampak hidup, dan sanggup memberi pesona gres bagi pembaca. Unsur bahasa yang dinilai tidak hanya sekedar unsur mekanik, menyerupai ejaan, tanda baca, pilihan kata, dan struktur kalimat, tetapi juga bagaimana bahasa dongeng jenaka itu yummy dibaca, komunikatif, hidup, dan memberi kesejukan baru. Dari sisi pemaparannya, jenis wacana tersebut adalah....
A.  argumentasi
B.  eksposisi
C.  narasi
D.  deskripsi
Jawab:
B.  Benar , wacana di atas berjenis eksposisi alasannya yakni bersifat memperlihatkan informasi dan instruksi
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

27. Pendekatan whole language yakni salah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa....
A.  dengan memperbanyak latihan berbicara
B.  secara utuh (tidak terpisah-pisah)
C.  dengan memperbanyak latihan tatabahasa
D.  dengan memperbanyak berkomunikasi baik mulut maupun tulis sesuai konteks
Jawab:
B.  Benar , Pendekatan whole language yakni pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa secara utuh
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

28. Guru menyuruh anak membaca puisi secara keseluruhan, kemudian tiap satu baris kelas membacakan perbait, selanjutnya bergantian tiap siswa membaca puisi perbaris secara bergantian. Dalam pendekatan whole language guru tersebut menerapkan prinsip....
A.  interaksi sosial
B.  keterpaduan antarketerampilan berbahasa
C.  keutuhan dalam penggunaan bahasa sesuai konteks
D.  dari keseluruhan mengarah kepada bagian-bagian
Jawab:
D.  Benar, pembelajaran tersebut dimulai dari keseluruhan (puisi) bergerak ke bagian-bagian (bait/baris)
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

29 Guru meminta siswa kelas dua SD menuliskan tiga kalimat mengenai perjalanannya dari rumah ke sekolah, kemudian masing-masing siswa membaca tulisannya. Kegiatan guru tersebut yakni penerapan pembelajaran....
A.  menulis jurnal
B.  membaca pemahaman
C.  menulis terbimbing
D.  membaca terbimbing
Jawab:
A.  Benar, menulis jurnal yakni menulis pengalaman pribadi dengan memperhatikan kaidah-kaidah menulis
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

30. Dalam pendekatan Whole Language siswa bekerja dan berguru sesuai dengan kemampuannya serta menyebarkan tanggung jawab dalam pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai....
A.  pengarah atau moderator selama pembelajaran berlangsung
B.  model dalam pembelajaran semoga sanggup ditiru oleh siswa
C.  perencana pembelajaran, perancang kelas, dan fasilitator bagi siswa
D.  pengatur dan penguasa kelas dalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran
Jawab:
C.  Benar, dalam PWL guru berperan sebagai perancang aktifitas siswa, korektor, fasilitator, dan menyiapkan kelas sebagai sumber belajar
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

31. Tujuan pembelajaran bahasa yang memakai pendekatan komunikatif adalah....
A.  terbinanya kemampuan siswa dalam menulis dan membaca
B.  terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa
C.  bisa mengkomunikasikan materi pembelajaran yang disajikan
D.  bisa menjawab soal-soal ujian bahasa Indonesia
Jawab:
B.  Benar, tujuan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa yakni terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa baik mulut maupun tulis
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

32. Pembelajaran bahasa yang selalu menyertakan pengalamn kasatmata (kehidupan sehari-hari) yakni pembelajaran bahasa yang memakai pendekatan....
A.  kontekstual
B.  integratif
C.  Whole language
D.  konseptual
Jawab:
A.  Benar, pembelajaran kontekstual yakni pembelajaran bahasa yang memakai konteks pengalaman kasatmata dalam berbahasa.
Pembahasan:
Bacalah modul 5 KB3 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

33. Guru meminta tiap siswa menciptakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi yang tertera di papan tulis. Kegiatan guru tersebut menerapkan pendekatan kontekstual komponen....
A.  pemodelan
B.  bertanya
C.  inkuiri
D.  refleksi
Jawab:
B.  Benar, kegiatan guru pada pembelajaran di atas yakni menerapkan komponen kemampuan bertanya bagi siswa
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB3 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

34. Bu Tuti memperdengarkan pola pembacaan puisi dari radio kaset yang telah disiapkannya semoga siswa sanggup menirukan cara membaca puisi yang baik . Pemilihan media kaset dalam pembelajaran tersebut menerapkan prinsip.....
A.  mudah
B.  menarik
C.  murah
D.  fungsional
Jawab:
D.  Benar, pemilihan kaset untuk berlatih membaca puisi sangat fungsional alasannya yakni sanggup menarik minat siswa dan memperkuat latihan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

35. Satu prinsip penggunaan media visual yang harus diperhatikan guru berkaitan dengan visual yang diproyeksikan adalah....
A.  guru harus berakal menggambar
B.  guru harus mempunyai CD drama
C.  baik gambar maupun goresan pena harus terang sehingga gampang ditangkap/dibaca
D.  sajian materi sebaiknya memakai metode bermain peran
Jawab:
C.  Benar, gambar dan goresan pena yang terang menjadi prinsip utama pada penggunaan media visual yang diproyeksikan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

36. Contoh penggunaan media dengar pada pembelajaran menyimak adalah....
A.  Pak Soleh meminta siswa memperhatikan gerakan pemain drama dari video yang diputarnya
B.  Pak Dodi meminta siswa memperhatikan dan menulis runningtet atau isu berjalan yang disaksikan siswa
C.  Siswa mendengarkan demam isu dari tape recorder untuk diceritakan kembali inti-inti beritanya
D.  Bu Lis meminta siswa memperagakan gerakan pantomim menyerupai pola yang dilihat melalui video
Jawab:
C.  Benar, tape recorder yakni salah satu media dengar yang paling baik
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

37. Contoh penggunaan media teks untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah....
A.  Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menuliskan kembali isi teks.
B.  Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menceritakan kembali isi teks di depan kelas.
C.  Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta menciptakan rangkuman isi teks
D.  Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta menganalisis ejaan dan tanda baca yang terdapat pada teks.
Jawab:
B.  Benar, Setelah membaca teks, siswa menceritakan isi teks = keterampilan berbicara
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

38.  Seorang siswa yang mempunyai kemampuan membaca yang tinggi diminta guru untuk membaca teks isu dengan baik sebagai model. Dalam pembelajaran tersebut guru memakai media....
A.  lingkungan dalam pembelajaran berbicara
B.  video dalam pembelajaran menyimak
C.  insan dalam pembelajaran membaca
D.  gambar dalam pembelajaran menulis
Jawab:
C.  Benar, Siswa sebagai model berperan sebagai media, membaca isu merupakan materi pembelajaran membaca
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.


39. Contoh penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis adalah...
A.  Guru memperdengarkan pembacaan isu perihal lingkungan alam kemudian siswa diminta menuliskan inti beritanya
B.  Siswa diminta mlihat gambar pemandangan yang ada di papan tulis kemudian diminta menuliskannya dalam bentuk puisi
C.  Siswa diminta mencatat hal-hal yang diamati di halaman sekolah kemudian menyusunnya menjadi sebuah karangan.
D.  Siswa diminta menulis ringkasan dari teks yang dibaca
Jawab:
C.  Benar, Halaman sekolah yang menjadi objek pengamatan merupakan media lingkungan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB3 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

40. Yang dimaksud dengan evaluasi kinerja dalam pembelajaran bahasa yakni evaluasi terhadap....
A.  proses acara siswa dalam kegiatan berbahasa
B.  kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal bahasa
C.  hasil yang diperoleh siswa dalam tes bahasa
D.  kumpulan hasil/pengalaman berguru bahasa siswa
Jawab:
A.  Benar, evaluasi kinerja, menilai proses kegiatan berbahasa siswa (performance assessment)
Pembahasan:
Bacalah modul7 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

41. RUBRIK PENILAIAN …………………………. Nama : ________________________________ Kelas: NOASPEKDESKRIPTORSKOR 1Pemilihan Judul•Sesuai, menggambarkan isi, menarik 3 •Sesuai, kurang menggambarkan isi, kurang menarik 2 •Tidak sesuai, tidak menggambarkan isi, tidak menarik 1 2 1 2Kelengkapan Isi•SKOR Isi lengkap (6 unsur) 3 •Isi mendekati lengkap (4-5 unsur) 2 •Isi tidak lengkap (kurang dari 4 unsur) 1 2 1 3 Kesesuaian Isi•SKOR Semua data sesuai dengan goresan pena 4 •Sebagian kecil data tidak sesuai dengan goresan pena 3 •Sebagian besar data tidak sesuai dengan goresan pena 2 •Semua data tidak sesuai dengan tulisan1 3 2 1 4Sistematika•SKOR Urut-urutan sesuai 3 •Urut-urutan kurang sesuai 2 •Urut-urutan tidak sesuai1 2 1 5Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca•SKOR Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca 4 •Terdapat kesalahan (1—3) penggunaan ejaan dan tanda baca 3 •Terdapat kesalahan (4—6) penggunaan ejaan dan tanda baca 2 •Terdapat kesalahan lebih dari 6 dalam penggunaan ejaan dan tanda baca 1 1 Pedoman penskoran di atas sempurna dipakai untuk evaluasi hasil kerja siswa dalam....
A.  Membaca berita
B.  Membaca puisi
C.  Menulis puisi
D.  Menulis berita
Jawab:
D.  Benar, pola evaluasi di atas sempurna untuk menilai hasil kerja siswa dalam menulis berita
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul7 KB1

42. Penggunaan bahasa yang bersifat produktif terdapat pada kalimat berikut....
A. Pak Sunu menyuruh siswanya membaca novel untuk materi rangkuman
B.  Cristina menyimak dengan tekun diskusi panel perihal penggunaan EYD di televisi
C.  Beni berhasil menjadi juara dalam perlombaan membaca puisi
D.  Bu Lis menjadi pembicara pada seminar Hari Guru di UTCC
Jawab:
D.  Benar, menjadi pembicara memakai kemampuan memberikan ide/pikiran secara mulut yaitu kegitan berbahasa yang produktif
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

43. Yang dimaksud prinsip ilmiah dalam pengembangan silabus adalah....
A.  komponensilabus seluruh ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor)
B.  terdapat hubungan logis antara kompetensi dasar, indikator, materi, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian
C.  seluruh materi dan kegiatan yang tercantum dalam silabus harus benar dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan
D.  komponen-komponen silabus disusun berurutan secara logis sehingga gampang ldilaksanakan
Jawab:
C.  Benar, kebenaran dan berani bertanggung jawab menjadi tuntutan dalam prinsip ilmiah
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

44. Jika kompetensi dasarnya menciptakan ringkasan dari teks yang dibaca atau didengarkan, maka indikator awalnya adalah....
A.  menyusun wangsit pokok menjadi ringkasan sesuai judul teks
B.  menceritakan hasil ringkasan dengan bahasa sendiri di depan kelas
C.  mengembangkan karangan dari wangsit pokok yang ditemukan
D.  menuliskan wangsit pokok setiap paragraf yang dibaca
Jawab:
D.  Benar, menuliskan wangsit pokok setiap paragraf yang dibacamenjadi indikator awal dalam menciptakan ringkasan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

45. Jika kompetensi dasarnya sanggup memceritakan kembali dongeng yang didengarnya dengan bahasa sendiri , maka langkah-langkah pembelajaran yang sistematis adalah....
A.1) mendengarkan dongeng, 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendongeng di depan kelas
B.1) mendengarkan dongeng, 2) mendongeng di depan kelas 3)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 4)menyusun kembali menjadi dongeng,
C.1) mendongeng di depan kelas 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendengarkan dongeng
D.1) mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 2)menyusun kembali menjadi dongeng, 3)mendengarkan dongeng, 4) mendongeng di depan kelas
Jawab:
A.  Benar, langkah-langkah pembelajaran yang sistematis untuk mencapai kompetensi tersebut diawali dengan mendengarkan dongeng dan diakhiri dengan mendongeng di depan kelas
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

46. Ada beberapa prinsip untuk menyebabkan kelas sebagai sumber belajar, di antaranya pelajaran terintegrasi. Yang dimaksud terintegrasi dalam hal ini adalah....
A.  memadukan topik pembelajaran bahasa dengan topik bidang studi lain
B.  memakai semua komponen bahasa dalam satu kali pembelajaran
C.  menyatukan pembelajaran bahasa dengan sastra
D.  menggabungkan pembelajran antartingkatan kelas
Jawab:
A.  Benar, yang dimaksid pembelajaran terintegrasi yakni memadukan topik pembelajaran bahasa dengan mata pelajaran lain (dapat disebut pendekatan terpadu atau tematik
Pembahasan:
Untuk menjawab soal nomor ini bacalah modul8 KB1

47. Salah satu tujuan pembelajaran apresiasi sastra yakni memperlihatkan pengalaman menginterpretasi karya sastra kepada siswa. Artinya siswa dapat....
A.  menciptakan karya sastra sesuai kemampuan siswa
B.  memrbangun kebiasaan untuk bahagia membaca karya sastra
C.  mencicipi apa yang dituangkan dalam karya sastra
D.  menemukan makna dari karya sastra yang disajikan
Jawab:
D.  Benar, menginterpretasi yakni menemukan makna dari karya sastra yang disajikan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

48.  Pembelajaran apresiasi sastra untuk siswa SD kelas rendah harus sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu....
A.  lebih banyak gambar untuk mengkongkretkan cerita
B.  Sastra yang disajikan terdapat dalam buku teks yang disediakan
C.  berisi perihal kehidupan sehari-hari , dongeng, dan dongeng lucu yang sederhana.
D.  sastra yang disajikan merupakan salah satu pengalaman guru
Jawab:
C.  Benar, kebutuhan siswa berkaitan dengan karakteristik siswa yaitu bersahabat dengan dunianya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

49. Salah satu kriteria materi pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah yakni keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah....
A.  sesuai dengan kurikulum yang berlaku
B.  sesuai dengan kesiapan guru
C.  sesuai dengan kejiwaan siswa, usia, dan lingkungan siswa
D.  sesuai dengan tingkat pengetahuan masing-masing siswa di kelas tersebut
Jawab:
C.  Benar, yang dimaksud kesesuaian dalam sastra yakni sesuai dengan kejiwaan, usia, dan lingkungan siswa
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

50. Berikut ini yakni materi-materi sastra yang sesuai dikembangkan di SD kelas rendah kecuali....
A.  membaca puisi berjudul “Terima Kasih Ibu” dan mendeklamasikannya
B.  membaca dongeng “Asal-Muasal Ikan Mujair, dan “ menyebutkan para pelakunya
C.  membaca drama pendek berjudul “ Kura-kura dan Monyet”, dan memperagakan ucapan salah satu tokohnya
D.  memilih tabiat tokoh pelaku utama dan pelaku sampingan dalam sebuah novel terkenal
Jawab:
D.  Benar, materi tersebut terlalu tinggi/ sulit untuk siswa SD kelas rendah.
Pembahasan:
untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

Download Soal UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Soal ini juga tersedia dalam bentuk file dokumen pdf yang mana bisa Anda unduh eksklusif tanpa melaksanakan copy paste pada artikel ini. Nah untuk mendownload soal ini, silahkan menuju link berikut ini.


Dengan mempelajari soal-soal menyerupai ini kami berharap Anda akan lebih siap dalam menghadapi UAS nantinya. Sehingga Anda bisa mendapat nilai terbaik pada tiap-tiap semesternya.

Sekian postingan kami terkait Soal Ujian UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Disertai Kunci Jawaban, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share artikel ini pada sahabat Anda yang lainnya dengan cara share artikel ini ke sosial media kamu. Hubungi kami melalui halaman Contact, kalau Anda mempunyai pertanyaan, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Rapbs (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)

Contoh Ptk Sd Kelas 2 Terbaru Lengkap

Contoh Soal Tap Ut Ilmu Pemerintahan Ipem4500 Kiprah Selesai Jadwal Dilengkapi Kunci Jawaban